Memilih Hewan Ternak

Memilih Hewan Ternak

Apakah anda baru memulai usaha peternakan atau berencana membuka peternakan? Beternak hewan dapat menjadi usaha menguntungkan bagi anda karena anda dan keluarga memperoleh persediaan makanan sepanjang tahun ditambah penghasilan dari hasil penjualan produk ternak anda.
Fazenda Formosa Sapi

Sebelum memulai peternakan, ada banyak hal yang harus anda pelajari tentang memelihara hewan ternak. Beberapa jenis hewan ternak memerlukan perawatan dan pengelolaan ekstra. Dua jenis hewan ternak yang perlu perawatan lebih mudah dan sesuai untuk peternak pemula adalah ayam dan kambing. Di bawah ini akan saya jelaskan dengan lebih rinci bagaimana anda harus memelihara hewan ternak.

Kambing :

Fazenda Formosa Kambing

 Sebelum membeli kambing, anda harus bertanya pada diri anda sendiri jenis kambing apa yang ingin anda pelihara. Ada kambing untuk dipotong, diperah susunya, dan kambing untuk dipelihara. Jenis kambing terbaik yang diperuntukkan menghasilkan susu adalah kambing Alpine dan Saanen. Untuk kambing potong, pilihlah  kambing South African Boer. Sedangkan bila andaingin beternak kambing peliharaan pilihlah kambing Miniature atau Nigerian Dwarf.
Setelah anda memilih tipe kambing yang ingin anda pelihara, berikutnya pastikan anda memiliki lahan yang cukup luas untuk membangun kandang kambing dan tempat merumput. Kambing senang merumput di padang rumput sehingga anda perlu menyediakannya agar kambing anda sehat dan menghasilkan produk berkualitas.
Kandang untuk kambing dapat berupa gubuk atau gudang kecil. Kandang ini akan menjadi rumah mereka untuk tidur dan berlindung dari cuaca. Kandang kambing perlu dijaga kebersihannya. Kandang yang bersih  akan mencegah penyebaran bakteri yang dapat menimbulkan penyakit.

Ayam :

Banyak orang yang memelihara ayam di  peternakan mereka. Sebelum memulai anda juga perlu memilih jenis ayam yang akan anda pelihara. Apakah anda ingin memeliharanya untuk diambil telurnya atau sebagai ayam potong?
Setelah membuat keputusan atas jenis ayam yang akan dipelihara, anda juga perlu membuat kandang khusus untuk ayam. Kandang ini akan menjadi tempat ayam untuk tidur, menaruh telurnya, dan melindungi dari cuaca maupun hewan pemangsa.
Hal pertama yang ingin ayam baru anda lakukan begitu sampai di peternakan adalah makan. Jadi pastikan makanan ayam telah tersedia. Makanan untuk ayam berbeda menurut usia dari ayam. Bila anda membeli anakan ayam  maka sediakan tempa khusus untuk membesarkan mereka dan bila anda ingin memilih ayam petelur maka sediakan tempat khusus untuk bertelur di kandang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar